Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Ekstrapolasi Mahasiswa pada Materi Transformasi Linear

Authors

  • Eka Fitrajaya Rahman Departemen Pendidikan Ilmu Komputer Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Purnama Muntaharridwan Departemen Pendidikan Ilmu Komputer Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Enjun Junaeti Departemen Pendidikan Ilmu Komputer Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56447/jcb.v16i2.23

Keywords:

Multimedia Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pemahaman Ekstrapolasi, Metode ADDIE, Transformasi Linear

Abstract

Media pembelajaran yang didesain dengan baik akan sangat membantu siswa dalam mencerna dan memahami materi. Transformasi Linear merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata kuliah Aljabar Linear, dimana materi yang dipelajari berbentuk abstrak. Sehingga peserta didik dituntut untuk dapat berpikir secara abstrak untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh pengajar. Namun, disamping tuntutan yang ada, kurangnya pemahaman ekstrapolasi dan penggunaan model pembelajaran yang tidak memadai dapat menjadi kendala bagi mahasiswa untuk memahami sebuah isi materi. Peneliti mencoba membangun sebuah media pembelajaran berbasis permainan ular tangga dengan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) sebagai mekanisme permainan untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi transformasi linear dan memperoleh tanggapan dari mahasiswa terkait multimedia pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) Multimedia pembelajaran mendapatkan perolehan skor sebesar 78,54% dan masuk dalam kategori “Sangat Baik” berdasarkan validasi ahli. 2) Multimedia pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman ekstrapolasi mahasiswa dilihat dari peningkatan rata-rata nilai sebesar 22,67 dan rata-rata gain yang didapat sebesar 0,51. 3) Mahasiswa memberikan respon positif terhadap multimedia permainan yang dibangun dilihat dari penilaian mahasiswa terhadap multimedia sebesar 81% dan masuk kedalam kategori “Sangat Baik”.

Published

15.12.2022

How to Cite

Rahman, E. F., Muntaharridwan, P., & Junaeti, E. (2022). Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Ekstrapolasi Mahasiswa pada Materi Transformasi Linear. Jurnal Computech &Amp; Bisnis (e-Journal), 16(2), 181–188. https://doi.org/10.56447/jcb.v16i2.23